Mewujud

Orang banyak mengingat seseorang karena karyanya. Bukan karena imajinasi, konsep atau impian seseorang. Bila sesuatu yang sebenarnya baik namun hanya terbatas dalam benak seseorang, tak ada yang akan menikmatinya dan menghargainya.

Michelangelo, Johann Sebastian Bach dan Salvador Dali tak akan dikenang orang bila mereka tak berhasil mewujudkan karya seni mereka. Bayangkan kalau mereka bertiga hanya terus-menerus memikirkannya seni mereka di kepala mereka. Tak ada orang yang melihat dan mendengar hasil seni mereka.

Namun mewujudkan sesuatu itu butuh keterampilan, usaha, perjuangan dan keberanian. Bukan proses instan. Mereka bertiga juga memerlukan waktu bertahun-tahun untuk belajar, berproses dan akhirnya menyelesaikan karya mereka satu demi satu. Perlu bantuan orang lain pula yaitu para sponsor dan para asisten.

Langkah yang terberat untuk mewujudkan suatu cita adalah dengan memulainya. Orang takut gagal. Orang bisa jadi terlalu khawatir apakah yang dikerjakannya nanti akan menjadi hal baik atau tidak.

Padahal langkah pertama itu adalah langkah yang termudah. Gagal di awal itu biasa. Melanjutkannya itu yang tak mudah. Tak ada yang memberikan ekspetasi terlalu tinggi di sebuah langkah awal.

Impian yang mewujud adalah suatu proses. Diawali, diperjuangkan dan setelah melewati prosesnya menjadi sesuatu yang mewujud. Nyata. Sesuatu yang riil. Tak sekedar imajinasi tanpa bentuk.

Ingat dengan tugas prakarya sewaktu kita masih di bangku sekolah dasar? Tak semua menghasilkan tugas prakarya yang sempurna pada awalnya. Kecuali mereka yang dibantu sepenuhnya oleh orangtuanya. Tak apa tak sempurna. Bila setia dengan prosesnya, niscaya karya berikutnya menjadi sesuatu yang baik dan migunani.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s