Kuliner lamongan

Pernah ke Lamongan? Belum pernah? Mungkin juga pernah dengar tapi tak tahu secara persis Lamongan itu ada di sebelah mana Pulau Jawa?

Saya sendiri tak tahu letak Kabupaten Lamongan tanpa melihat peta. Ternyata lokasinya di arah Barat Laut Kota Surabaya. Selama ini saya hanya mendengar Lamongan karena kulinernya. Para perantau dari Lamongan sangat berjasa untuk memperkenalkan wilayahnya melalui masakan mereka.

Saya pertama mengenal Lamongan karena Pecel Lele Lamongan. Sambalnya terasa khas. Namun tak perlu protes dengan pecelnya yang sebenarnya lalapan ala kadarnya. Sepuluh tahun yang lalu banyak tenda biru di tepi jalan yang menjual Lele Goreng dengan Lalapan. Asalkan tendanya ada tulisan Lamongan. Sudah pasti ada lele goreng yang murah meriah. Sayangnya saat ini sudah jarang ditemukan tenda lele Lamongan.

Kali kedua karena ada makanan bernama Soto Lamongan. Soto yang disajikan dengan telur dan kuah yang gurih. Soto ini masih kalah tenar dibanding Soto Kudus atau Soto Betawi. Namun soto ini memiliki rasa yang khas.

Tanpa dua kuliner itu tentu tak banyak orang yang mengenal Lamongan. Maklum karena sepertinya Lamongan bukan destinasi wisata. Berbeda dengan Surabaya yang jauh lebih besar, lebih maju dan lebih populer.

Namun Lamongan tak sekedar lele dan soto. Ada beberapa makanan lainnya seperti yang ditulis di artikel berjudul Makanan Khas Lamongan.

Uniknya, entah benar atau tidak, mungkin hanya sebatas mitos, katanya orang Lamongan pantang makan Pecel Lele. Entahlah. Mungkin ada benarnya. Harus ditanyakan langsung ke orang asli Lamongan.

Kuliner suatu tempat memang bisa mempromosikan sebuah wilayah. Makin terkenal kulinernya, makin terkenal kotanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s