Banyak Pikiran Saat Meditasi

Beberapa teman meditasi membilang satu hal yang kerap terjadi waktu meditasi. Saat di tengah sesi meditasi, kok, malah sepertinya banyak pikiran yang datang.

Benarkah seperti itu?

Menurut pamong yang menuntun meditasi kami, beliau menyampaikan bahwa otak kita itu memang tiap saat bekerja. Yaitu berpikir. 24 jam. Tanpa henti.

Apa yang terjadi adalah saat sunyi di tengah meditasi maka seseorang jadi lebih menyadari dirinya sedang berpikir. Hal yang lumrah. Bukan karena sedang banyak pikiran.

Aneh tapi nyata. Banyak orang tak menyadari pikirannya sedang berputar. Namun karena rutinitas sehar-hari, tak disadari, otaknya sedang berpikir.

Justru baik-baik saja dan alami untuk menyadari otak sedang berpikir.

Mengistirahatkan tubuh memang mudah. Tak bergerak. Untuk sementara waktu. Tubuh bisa kita atur supaya rileks.

Tak demikian dengan otak yang selalu berpikir.

Justru dengan menjalankan meditasi, seseorang bisa sadar akan keberadaan pikiran-pikirannya. Tak perlu ditolak saat pikiran datang. Biarkan saja. Ikuti.

Dalam meditasi, seseorang haruslah seperti cangkir kosong. Menyiapkan diri kita untuk menerima enerji Ilahi dari Sang Pencipta.

Bila kondisi pikiran dan tubuh seseorang sudah siap, bisa selaras untuk menerima enerji yang menghidupi jiwa raga. Memberikan kesempatan lebih baik untuk mencapai titik kesadaran yang lebih tinggi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s