Menulis Cepat

Ada waktu di mana saya ingin menulis dengan baik. Melakukan curah ide. Membuat garis besarnya. Mengembangkannya. Menulis sebanyak mungkin. Kemudian memotong, mengubah, mengganti bagian yang tak relevan dan tak berguna. Dan terakhir menghaluskannya.

Di saat yang lainnya. Saya juga ingin menulis cepat. Melatih kemampuan menuang ide pada halaman kosong. Tak peduli dengan kualitas. Saya hanya ingin tulisan yang jujur. Terlepas dari baik dan tidaknya. Apa yang tertulis adalah sesuatu yang orisinil. Tertuang begitu saja.

Menulis cepat membuat pikiran bekerja lebih cepat. Namun bisa jadi sangat mengurangi kemampuan memproduksi tulisan yang baik.

Menulis dengan cepat juga menjadi terapi tersendiri. Melepaskan apa yang ada di dalam benak secepat mungkin ke suatu halaman yang dipenuhi dengna kata-kata yang diketikkan dengan secepat jari menari di atas papan kunci.

Ada rasa lega begitu pikiran-pikiran di dalam benak sudah tertuang. Sama seperti orang yang buang air. Tak lagi ditahan. Sudah keluar. Sudah lega.

Menulis cepat juga membuat pikiran tak berputar-putar di hal-hal lainnya yang tak relevan. Hanya terfokus pada satu hal. Yaitu menuangkan apa yang ada dalam pikiran secepat-cepatnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s