Cuaca dan Baju

Norwegia adalah salah satu dari negara Skandinavia yang memiliki kondisi geografis dengan cuaca dingin yang ekstrim. Dingin hingga menusuk tulang-belulang.

Namun uniknya orang-orang di negeri dekat Kutub Utara itu malah banyak yang suka dengan aktivitas luar ruang. Merasa bahwa beraktivitas di luar rumah itu menyenangkan sekaligus menyehatkan.

Ada satu pepatah mereka yang bunyinya seperti ini.

Det finnes ikke dårlig vær, bare dårlige klær!

Pepatah Norwegia

Dalam bahasa Inggris artinya “There is no such thing as bad weather, just bad clothing.” Cuaca buruk itu tidak ada, yang ada hanyalah baju yang tak memadai.

Tentu orang Norwegia memiliki ketahanan tubuh yang mumpuni untuk hidup di kondisi yang serba dingin. Jauh lebih kuat menahan dingin daripada orang lain yang berasal atau tinggal di negara lain yang suhu udaranya hangat atau panas. Namun tak berarti orang Norwegia tahan menghadapi cuaca dingin tanpa baju yang memadai.

Justru orang Norwegia berpikir bahwa tak seharusnya cuaca dingin mengalahkan keinginan menikmati alam terbuka. Hanya saja harus bijak dengan persiapan berupa baju hangat yang sanggup mengisolasi panas tubuh dan mampu melindungi tubuh dari terpaan angin dan salju.

Intinya pada keinginan yang kuat. Dibarengi dengan perlengkapan memadai. Sehingga tak hanya bisa diam di rumah tanpa bisa menikmati keindahan alam di luar rumah.

Mungkin orang Norwegia berbanding terbalik dengan orang Indonesia. Di negeri loh jinawi di mana matahari senantiasa menghangatkan alam, malahan banyak warga di Nusantara ini yang kurang suka menikmati keindahan luar ruang. Malas bergerak. Inginnya di rumah saja. Alasannya kalau tidak kepanasan, ya kedinginan/kehujanan. Nah, lho?

Coba orang Indonesia pergi dan tinggal ke Norwegia, bisa jadi orang rumahan. Senantiasa hanya diam di dalam rumah, memakai selimut untuk menghangatkan tubuh, minum kopi hangat dan makan Indomie pakai telur mata sapi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s