Kopi Walik

Sebenarnya Kopi Walik itu bukan hal yang baru. Kopi dinikmati dengan gelas yang ditutup dengan cawan itu tradisi lama masyarakat yang hidup di tempat dingin. Namun karena di jaman sekarang ini penyajian menjadi faktor penarik dari sebuah tempat ngopi maka Kopi Walik menjadi salah satu cara menikmati kopi yang unik. Mirip dengan alasan mengapa ada Vietnam Drip yang terkenal karena kasus Mirna.

Bagaimana dengan rasa kopinya sendiri? Ya, tergantung racikan baristanya dan selera peminum kopinya.

Tidak tumpah kopinya?

Pertanyaan yang paling sering muncul. Apakah tidak tumpah kopinya? Saya yakin pasti ada saja orang yang tak sengaja menumpahkan kopinya ketika membalik gelas kopinya karena tak kuat menahan panas dari gelasnya.

Cara minum bagaimana?

Pertanyaan selanjutnya. Bagaimana cara minumnya. Ya, sederhana saja. Buka sedikit-sedikit gelasnya sehingga kopi keluar menggenangi cawan. Tak perlu tergesa-gesa. Seru, kan?

Ampas kopinya bagaimana?

Ya tentu ampasnya akan tertinggal di dalam gelas.

Kenapa harus dibalik gelasnya?

Hawa dingin dan terpaan angin akan membuat kopi yang disajikan dengan gelas yang tak dibalik cepat mendingin. Tentu kurang nikmat jadinya. Oleh karena itu kopi menjadi hangat lebih lama bila dibalik gelasnya.

Apakah bisa pesan kopi dingin dengan es tapi dibalik gelasnya?

Ini pertanyaan iseng yang mungkin muncul tapi bisa digolongkan sebagai pertanyaan yang ngga smart. Kopi Walik ada karena penjualnya dan peminumnya ingin kopinya tak cepat menjadi dingin. Tapi bisa-bisa saja sih kalau maunya memang es kopi dengan es batu. Why not? Meskipun esensinya malah tidak tercapai dan hanya sekedar gaya-gayaan. Tapi namanya jaman now kalau tidak gaya mungkin jadi uninstagramable. Kurang seru. Tak layak diabadikan di Instragram.

Kenapa bisa tiba-tiba membahas Kopi Walik? Alasannya sederhana. Menonton tayangan iklan produk rokok di TV yang menggambarkan keberagaman tradisi di Nusantara. Ada adegan beberapa orang muda asyik menikmati sajian Kopi Walik di atas bukit. Kreatif iklannya. Bikin saya untuk mengulik dunia maya untuk mencari informasi mengenai kopi yang penyajiannya unik tersebut.

Sudah pernah minum Kopi Walik? Belum pernah? Nah, kalau begitu bisa dicoba. Bisa bikin sendiri di rumah. Pas dengan cuaca dingin karena hujan yang mengguyur Nusantara. Hati-hati jangan sampai tumpah kopinya. Jangan pula sampai gelasnya pecah. Slow saja minumnya sambil menikmati suasana.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s