Shonan Monorail

Monorail yang ini memang unik. Monorail konvensional memiliki kereta yang berjalan di atas rel kereta. Namun Shonan Monorail justru tergantung pada platform di atasnya yang memiliki rel. Istilah kerennya suspended monorail alias kereta rel tunggal tergantung.

Shonan Monorail beroperasi di kota Kamakura dan Fujisawa di Prefektur Kanagawa. Dalam situs Shonan Monorail, ada ucapan yang menarik. “Have a nice flight.” Ucapan itu biasanya diucapkan pada saat kita naik pesawat terbang. Bukan naik kereta. Namun karena monorailnya seakan-akan melayang maka ucapan tersebut tepat. Bahkan stasiun keretanya mereka sebut sebagai sky station. Keren, kan?

Prefektur Kanagawa tak terlalu jauh dari Tokyo. Dari Tokyo, orang bisa melalui Yokohama untuk menuju prefektur Kanagawa.

Saya sendiri belum pernah mengunjungi Kanagawa. Tak tahu juga apa yang menarik di sana. Namun sebagai seseorang yang punya minat dengan kereta api, sepertinya Shonan Monorail bisa menjadi referensi yang menarik.

Kembali ke situsnya, perusahaan monorailnya mengiklankan bahwa kereta ini seperti naik roller coaster yang melewati gunung dan terowongan. Asyik sekali. Monorail tak sebatas sebagai alat transportasi publik. Namun menjadi wahana wisata kota yang atraktif. Keren!

Di bawah ini ada video dari YouTube yang menggambarkan asyiknya ‘terbang’ dengan suspended monorail. Jangan lewatkan juga mengamati sky station yang menjadi tempat orang untuk naik dan turun kereta.

Enjoy!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s