184 Juta

Menurut Anda 184 juta itu banyak atau sedikit?

Sedikit. Bila Anda ingin membeli rumah, 184 juta bisa membeli rumah yang mini, dengan satu dua kamar dan terletak di tempat yang jauh dari pusat kota.

Cukup. Cukup untuk membeli mobil kecil. Termasuk uang pajak dan urusan macam-macamnya.

Banyak. Termasuk banyak sebagai rata-rata biaya perawatan pasien Covid-19. Itu pun bisa jadi pasien yang terdampak – yang telah memiliki tingkat komorbiditas tinggi – tetap saja tak terselamatkan jiwanya.

184 juta menjadi rata-rata biaya perawatan pasien berdasar survei yang dilakukan di sejumlah RS di Indonesia. Biaya sebesar itu menjadi tanggungan negara. Dana diambil dari APBN. Makin banyak yang terpapar Covid-19, makin besar pula pengeluaran negara untuk penanggulangan pandemi ini.

Negara mengambil tanggungjawab biaya pasien karena sebagian besar masyarakat Indonesia tak mampu membayarnya secara pribadi. Bisa jadi pasien memilih keluar dari RS karena takut dengan beban biaya RS. Hal ini justru membahayakan karena pasien yang masih terpapar corona virus besar kemungkinan menyebarkan virus kepada lebih banyak orang di sekelilingnya. Lagipula kesehatan masyarakat menjadi kewajiban negara – yang tentu dananya diambil dari uang pajak yang masuk ke APBN.

Sayangnya banyak masyarakat yang abai dan acuh dengan protokol kesehatan. Tak memakai masker karena merasa tak nyaman. Lebih percaya dengan konspirasi kesehatan yang mengada-ada dan tak masuk akal. Masih banyak anggota masyarakat yang tak percaya bahwa corona virus benar-benar eksis. Mereka baru percaya tentunya bila sudah tertular dan ada yang meninggal.

184 juta dikali dengan jumlah penderita corona virus yang masuk ke RS. Banyak. Banyak sekali.

Namun bisa dikurangi dengan menerapkan protokol kesehatan di rumah, di tempat kerja, di tempat publik dan di tempat ibadah.

184 juta itu banyak. Tapi uang sebanyak itu tetap saja bisa dicari. Ada satu hal yang tak bisa digantikan dengan 184 juta yaitu nyawa manusia. Nyawa yang bisa direnggut oleh Covid-19.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s