Here I am, Lord

Baru saja lagu ini dilantunkan saat penutupan retret yang dilakukan secara virtual melalui Zoom beberapa hari ini. Mendengar lagu berjudul Here I am, Lord langsung membuat hati saya terharu. Saya putar berkali-kali. Ada rasa hangat di hati sekaligus rasa yang sulit dijelaskan. Bikin saya speechless.

Retret ini terkait tentang perutusan untuk menjadi Sahabat bagi siapa saja. Seturut dengan ensiklik baru yang berjudul Fratelli Tutti pada peringatan St. Fransiskus Assisi, 3 Oktober 2020 – yang diterbitkan oleh Paus Fransiskus. Fratelli Tutti dalam bahasa Indonesia lebih kurang adalah “Semua Bersaudara“. Intinya sebagai pribadi kita bersahabat dengan semua orang. Silakan membaca ringkasannya di Ringkasan Ensiklik Fratelli Tutti.

Kembali ke lagunya, nadanya lembut memanggil. Liriknya menyentuh.

Here I am, Lord
Is it I, Lord?
I have heard You calling in the night
I will go, Lord
If You lead me
I will hold Your people in my heart

dari lirik lagu Here I am, Lord

Bilamana Tuhan memanggilku. Aku akan pergi melakukan perutusan Tuhan. Bimbinglah aku, Tuhan. Aku akan merengkuh sesamaku dalam hatiku.

Begitulah sekira isi lagu itu.

Dalam sekali. Apakah aku pantas untuk menjalani perutusan untuk menganggap sesamaku – siapa pun itu – sebagai Sahabat? Entahlah. Dalam kehidupan yang multikultural tetap saja ada sekat-sekat yang menghambat. Tetap merasa bahwa ada jarak untuk menjadikan siapa pun yang kita temui sebagai Sesama.

Untuk saya sendiri, saya berharap bisa menjadikan orang lain sebagai Sesama. Nguwongke manusia. Memanusiakan manusia. Semoga bisa menjadi makin terlibat dalam gerak kebajikan dalam kehidupan bermasyarakat.

Entahlah…

Yang penting saya menikmati lagunya. Terharu sampai ke relung hati.

AMDG

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s