Kopi Pagi

Masing-masing orang punya kebiasaan untuk mengawali hari. Meditasi sesaat setelah bangun. Ada yang berdoa. Ada pula yang langsung segera keluar rumah untuk lari-lari pagi sekaligus mengajak anjing kesayangan menikmati udara segar. Tentu ada juga yang baca surat kabar. Dan sekarang ini banyak orang yang begitu bangun langsung cek sosmed. Tapi kebiasaan yang paling umum yang diutarakan oleh banyak orang yaitu minum kopi supaya bisa fully-awake.

Life begins after coffee.

Apakah tradisi itu memang menjadi hal yang umum dilakukan orang? Tentu saja tidak. Ada jaman di mana kopi belum begitu populer. Sarapan dengan minum teh bisa jadi lebih jamak.

Bisa jadi kebiasaan minum kopi untuk mengawali hari dikompori oleh produsen kopi atau pemilik kafe. Dengan begitu dagangan mereka laris manis karena dikonsumsi tiap hari. Sejenis konspirasi para pebisnis kopi. Siapa tahu?

Mungkin juga karena kopi itu minuman yang trendy untuk kehidupan masa kini. Ngopi itu modern. Ngopi itu stylish. Bergaya. Coba kalau minum wedang uwuh atau wedang sereh. Tentu lebih faedah tapi kurang keren.

Bahkan orang-orang yang tak biasa ngopi di pagi hari bisa berubah menjadi coffee person. Berbeda dengan orang Italia yang memiliki kebiasaan minum kopi sejak lama.

Salah satu hal yang dikritisi yaitu secara total kebiasaan ngopi ini relatif mahal. Beda dengan teh yang relatif murah, kopi lebih mahal. Terutama kopi yang berupa biji atau biji kopi yang sudah digiling. Bukan sekadar kopi bubuk instan. Uang untuk ngopi cantik di tiap pagi itu setali tiga uang dengan pengeluaran orang yang merokok. Kebiasaan yang sifatnya boros.

Tapi ya namanya kebiasaan memang sulit hilang. Ada begitu banyak orang yang tak bisa “beroperasi” secara penuh bila tak mendapatkan asupan kafein dalam segelas kopi.

Bagaimana denganmu? Merasa harus minum kopi tiap pagi?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s