Tuhan itu Adil?

Manusia beragama dalam kondisi baik-baik saja bisa dengan mudah mengatakan bahwa Tuhan itu Adil. Namun saat tidak beruntung, dirundung malang, ditimpa bencana biasanya akan menghujat Sang Pencipta. Buru-buru menyebut bahwa Tuhan tidak adil.

Meskipun begitu, tetap ada manusia yang bisa tetap mensyukuri hidupnya dan mengatakan dengan keyakinan bahwa Tuhan itu Adil walaupun mengalami musibah yang mengenaskan. Manusia-manusia yang tak mudah mengeluh ini adalah mereka yang terberkati. Tetap setia terhadap kehendak Sang Pencipta. Tetap mengusahakan yang terbaik. Tak mudah menyerah.

Banyak orang memang bisa berkoar-koar bahwa Tuhan itu Adil. Namun bisa berubah 180 derajat saat ada anggota keluarganya yang mendadak – sesuai jaman pandemi ini – terkena Covid-19 dan meninggal dunia. Padahal bisa jadi kehidupan di alam baka – setelah kematian – menjadi jalan yang terbaik daripada tersiksa hidup menderita karena Corona.

Entahlah. Tuhan itu sulit dipahami oleh manusia. Biarkan itu menjadi misteri bagi Sang Pencipta. Kita sebagai insan manusia – ciptaannya yang memiliki kehendak bebas – bisa menjalani kehidupan ini; terlepas dari apakah Tuhan itu adil atau tidak adil.

Kita harus menyadari diri bahwa kita sebagai manusia sering tidak adil terhadap Tuhan. Kecewa dan marah saat Tuhan tidak memberikan kehidupan seperti yang kita inginkan; seakan-akan Tuhan bekerja untuk kita. Namun kerap alpa dengan Tuhan saat kita menikmati indahnya kehidupan.

Tuhan itu sepertinya adil. Kita manusia yang sering bertindak tidak adil.

Begitu, kan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s