Sibuk dengan Urusan Kecil

Orang bijak pernah berkata bahwa bila kita terlalu sering terlibat dengan urusan-urusan kecil, kita malah tak punya waktu yang cukup untuk menyelesaikan urusan yang besar dan penting.

Tokoh dunia, pengusaha sukses, pejabat negara memahami kata-kata orang bijak tersebut. Mereka memilih untuk berfokus pada sedikit urusan yang besar dan penting. Mereka akan mengerjakan urusan kecil dan tak penting di saat urusan penting mereka sudah beres. Bahkan tak jarang mereka akan mendelegasikan urusan kecil untuk diurus oleh orang lain.

Saya mencoba melihat apa saja yang sudah saya lakukan di tahun 2020 ini. Ternyata saya harus mengamini bahwa ada urusan-urusan kecil yang ternyata menyita waktu saya. Saya justru melupakan beberapa urusan yang penting untuk hidup saya.

Urusan tak penting yang menghabiskan waktu itu terjadi karena saya kurang disiplin dalam mengatur prioritas hidup saya dalam keseharian. Saya sering tidak tega untuk membantu keluarga atau teman padahal saya tahu bahwa itu urusan mereka – yang seharusnya mereka bisa selesaikan sendiri. Saya juga kadang tak enak hati menolak untuk melakukan hal-hal kecil bagi keperluan kampung atau kepentingan beberapa komunitas yang saya ikuti.

Intinya saya kurang tepat dalam mengatur prioritas kegiatan sehari-hari saya. Dampaknya terlihat jelas yaitu saya tidak berhasil mencapai beberapa keinginan dan mewujudkan satu dua rencana saya.

Kadang kala saya juga harus meluangkan waktu untuk hal-hal sepele yang sepertinya tidak signifikan. Biasanya karena ada kebiasaan lama yang masih saya lakukan. Semisal terlalu banyak mengasup berita dari Internet, menonton YouTube yang entah mengapa memang menarik, dan terlibat diskusi berkepanjangan yang kurang penting. Saya juga suka melewatkan waktu tanpa melakukan apapun – yang jelas ini tidak produktif.

Urusan-urusan kecil ini memang sepertinya tak berdampak besar. Namun urusan-urusan kecil ini terakumulasi seraya waktu – menumpuk makin besar – dan akhirnya saya menyadari bahwa urusan kecil bisa menguras waktu saya.

Dampaknya yaitu saya tak mampu mewujudkan rencana besar dan penting bagi hidup saya. Menunda suatu impian. Hidup juga tak terlalu terasa berarti karena urusan kecil itu tak terlalu memberikan kepuasan hidup.

Baiklah. Untuk tahun 2020 ini saya sudah menyadari diri sudah terlalu disibukkan dengan urusan-urusan kecil. Semoga di tahun depan 2021, saya bisa berfokus dengan urusan yang penting dan besar bagi hidup saya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s