Ulasan Film The Yin-Yang Master: Dream of Eternity

Film The Yin-Yang Master ini lebih pas bila judulnya diganti dengan The Gado-Gado Master. Alasannya film Mandarin yang tayang di Netflix ini sepertinya campuran berbagai elemen dari film-film yang berlainan. Jauh berbeda dengan film Onmyoji yang otentik dan menjadi sumber adaptasi film ini.

Legenda Siluman Ular Putih

Adegan pertama film ini yang disutradarai oleh Guo Jingming ini dimulai dengan seorang master bernama Zhongxing dan murid-muridnya yang sedang mencoba mati-matian menahan seekor siluman ular yang besar yang berusaha menembus benteng pertahanan gaib. Sepintas mirip dengan film Legenda Siluman Ular Putih. Hanya di sini ularnya berwarna hitam.

The Avengers

Kemudian Master Qing Ming – murid dari Master Zhongxing – sampai di istana kekaisaran. Sampai di sini latar belakang filmnya memang kerajaan namun filmnya berubah seperti The Avengers versi China. Master Qing Ming menjadi laiknya seperti Doctor Strange yang memiliki portal dimensi. Master Bo Ya – yang jago memanah – tak ubahnya seperti Hawkeye. Longye menjadi perpaduan antara mata-mata seperti Black Widow sekaligus Ant-Man yang mampu berinteraksi dengan serangga. Lucu, kan?

Kubah Firewall?

Jangan heran juga dengan kubah gaib besar yang melingkupi kota kekaisaran. Kubah ini ditenagai oleh empat penjaga di empat arah mata angin yang dibangkitkan dengan siluman-siluman yang ditangkap oleh para master tersebut. Alih-alih kubahnya terlihat gaib – seperti di serial drama Fate: The Winx Saga – kubahnya malah mirip dengan firewall canggih seperti perisai energi di serial Star Trek Discovery yang melindungi Bumi dari serangan pesawat alien. Setali tiga uang dengan kubah yang melingkupi Kota Shanghai di film Shanghai Fortress yang ditenagai oleh energi canggih alien.

Ingat Sadako?

Tak berapa lama kemudian ada juga adegan melawan siluman rambut muncul. Master Qing Ming akhirnya bisa memerangkap siluman yang penampilannya mirip dengan Sadako – hantu berambut hitam panjang yang legendaris asli Jepang. Nah, lho. Bukannya bikin takut tapi malah bingung, kan?

X-Men

Hingga akhirnya mencapai adegan klimaks di mana Master Qing Ming melawan Master He Shouyue. Master He Shouyue – karena menyatu dengan Siluman Ular – kulitnya bisa bersisik mirip Mystique tapi berfungsi sebagai kekebalan terhadap senjata tajam dan pukulan. Sedangkan Sang Ratu juga diselamatkan dari dalam tubuh Siluman Ular ke suatu tempat yang ada di dekat salah satu gerbang kota; menggunakan kemampuan teleportasi seperti Blink. Sedangkan Master Bo Ya yang sudah menjadi Roh Penjaga bermutasi menjadi seperti Angel – yang memiliki sayap tumbuh dari punggungnya sehingga bisa terbang. Tapi ini bukan film tentang mutan seperti di X-Men lho. Masih film tentang siluman.

Dilihat dari segi plot, sebenarnya ceritanya menarik karena mewakili motivasi dan intrik yang dimiliki oleh tokoh-tokohnya. Kemampuan efek CGI-nya jauh lebih halus daripada film-film Mandarin sebelumnya. Efek CGI di film ini memang memberi ilusi yang ciamik, sayangnya, banyak juga efek CGI-nya yang terkesan dipaksakan. CGI yang berlebihan membuat filmnya menjadi terlalu berkilap dan justru mengurangi kenikmatan penonton dalam mengikuti alur kisahnya.

Saat filmnya tamat, saya hanya membatin. Sutradara film ini pasti terlalu sering menonton film yang bervariasi. Buktinya film ini terinspirasi dari banyak film. Luar biasa campur-campur. Sungguh terasa gado-gadonya. Tak lagi menjadi film hikayat jaman kerajaan dengan para pendekar dan siluman yang saling bertempur – kejahatan bertempur dengan kebajikan. Menonton film ini membuat saya rindu dengan film Mandarin jaman kerajaan yang dulu; minim efek film tapi plotnya seru dan silatnya ciamik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s