The Line

Arab Saudi memang kaya karena memiliki cadangan minyak nomor dua di dunia. Uangnya berlimpah. Jumlah rakyatnya relatif sedikit. Oleh karena itu negeri besar nan luas di wilayah Timur Tengah ini memiliki kemampuan dan sumber daya untuk membangun suatu kota modern yang futuristik.

Muncullah proposal untuk membangun The Line – kota pintar di Neom, yang berada di provinsi Tabuk. Letaknya di bagian Utara Arab Saudi dan berbatasan di sebelah Utara dengan Mesir. Menurut penjelasannya di situsnya, penduduknya tak perlu memiliki mobil karena tidak ada jalanan dan karenanya tak ada emisi karbon dari kendaraan. Mengapa bisa begitu?

Laiknya namanya, The Line, akan dibangun memanjang secara linear. Seperti garisan. Melintang dari Barat ke Timur. Pada poros kotanya, terdapat transportasi yang hijau sebagai penghubung kota. Penduduknya hanya jalan kaki dari jalur transportasi umum ke kantor atau tempat tinggal. Pada porosnya akan dibangun infrastuktur terpadu dan fasilitas untuk kota.

Beda jauh dengan kota-kota yang tumbuh secara alami dengan bentuk lingkaran atau tumbuh melebar dari radiusnya. Bahkan banyak kota-kota yang mengalami pertumbuhan yang tak teratur sehingga membuat tata letaknya tidak efisien. Kota pintar di padang pasir Arabia ini sepertinya ingin menjadi jawaban sebagai kota yang efisien dengan memanjang secara linear.

Konsep kota yang linear bukan hal baru. Hanya saja masih dipertanyakan apakah konsepnya benar-benar bisa memberi manfaat maksimal bagi penduduknya. Arab Saudi punya uang banyak tentu tak masalah jika ingin membangun kota ini berdasarkan rancangannya. Konon kota ini adalah bagian dari proyek Saudi Vision 2030.

Apakah kota futuristik ini akan benar-benar mewujud nantinya tentu harus dilihat. Ada pandemi. Ada goncangan ekonomi. Ada situasi politik yang panas di Timur Tengah. Bisa jadi karena banyaknya faktor yang kurang baik tersebut, kota tersebut hanya menjadi kota angan-angan. Terlihat seperti oase tetapi ternyata setelah dekat ternyata hanya fatamorgana.

Entahlah. Uang bisa mewujudkan banyak hal, termasuk kota pintar di masa depan. Namun, sumber uang juga bisa lenyap. Siapa tahu minyak bumi tak lagi diminati karena banyak negara di dunia beralih ke energi terbarukan. Siapa tahu, kan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s