Definisi Bahagia

Setiap orang mencari kebahagiaan. Termasuk Anda, saya dan ratusan juta insan manusia lainnya di muka bumi ini. Bila Anda bertanya pada sembarang orang ‘apa yang ingin Anda dapatkan dalam hidup ini?’. Kebanyakan orang akan menjawab ‘saya ingin bahagia’ sebagai salah satu hal yang paling mereka inginkan.

Lalu, pertanyaan berikutnya muncul, ‘apakah Anda sudah bahagia?’. Ada yang bilang, ‘ya, saya bahagia’. Begitu juga, sebagian yang lain akan berkeluh-kesah ‘saya tidak bahagia’.

Namun, pertanyaan yang paling penting adalah ‘bahagia itu apa‘? Kita bisa mencapai sesuatu bila jelas definisinya. Seperti saat Anda ingin menuju ke suatu tempat, Anda tahu terlebih dahulu alamatnya kemudian mencari jalan ke sana. Kita pun akan mencapai kondisi bahagia bila tahu yang akan kita tuju.

Ada yang berpendapat mengatakan definisi bahagia adalah:

Memiliki rumah bagus, mobil mewah, istri cantik dan anak-anak yang lucu.

Lalu, bagaimana bila tak mendapati hal yang diinginkan di atas, apakah berarti orang ini menjadi ‘tidak bahagia’.

Ada sebagian lain yang menyatakan definisi bahagia adalah:

Hidup tenteram dan tidak punya banyak masalah.

Mendapatkan seseorang yang mencintai dan dicintai seumur hidup.

Menjadi diri sendiri.

Bebas melakukan sesuatu dan tidak terikat orang lain.

Terlepas dari keadaan yang membuat stres.

Kesimpulannya, setiap orang memiliki definisi bahagia masing-masing. Bahagia untuk satu orang tidak berarti bahagia untuk orang lain. Dan sebaliknya. Tapi boleh jadi definisi bahagia menurut versi Anda berguna dalam memberikan gambaran bagi pembaca yang lain, yang mungkin belum tahu definisi bahagia.

Saya, mewakili pertanyaan sebagian besar orang,  ingin sekali mencari definisi bahagia. Oleh karena itu, halaman blog ini sengaja didedikasikan untuk mengumpulkan sebanyak mungkin definisi bahagia. Silakan memberikan definisi bahagia menurut versi Anda di kolom komentar.

Boleh jadi, definisi bahagia Anda memberikan inspirasi bagi pembaca yang lain.

Anda pun bisa mengundang siapa saja, teman, keluarga atau rekan kerja untuk memberikan definisi bahagia di bagian komentar di bawah ini.

Jadi, menurut Anda, definisi bahagia adalah:

210 Replies to “Definisi Bahagia”

      1. Makasih Anis sudah memberi definisi Bahagia. Menerima apa adanya, saya setuju. Namun ketika dua orang saling mencinta, justru tuntutan bertambah yang mana justru akan mendewasakan keduanya.

        Suka

  1. Bahagia menurut saya adalah ‘sebuah kondisi di mana saya tidak terbebani dengan pikiran masa lalu yang menghantui dan masa depan yang merongrong’ dan ‘bisa menikmati masa sekarang dengan penuh senyum’.

    Suka

    1. Bahagia menurut saya apapun yang terjadi apapun yang kita dapat di dunia ini baik itu senyum ataukah air mata hati mampu untuk selalu bersyukur.
      Karena anugrah sering datang dalam bentuk kesedihan,kehilangan,maupun kekecewaan tetapi bila kita sabar dan tekun pasti anugrah itu akan menampakan waujud aslinya.Kekuatan hati untuk selalu bersyukur itulah bahagia buatku.

      Suka

  2. Bahagia : ketika kita bisa menikmati semua proses hidup. baik ketika kita senang dan sedih, menangis dan tertawa, sukses dalam study; mengerjakan tugas kuliah, bisa juga menikmati masa-masa sulit ketika kiriman terlambat dari kampung…. sukses juga dalam bekerja dan rumah tangga…. pokoknya komplit………………… gado-gado kale………….

    Suka

  3. Bahagia adalah ketenangan batin, dimana apapun yang sedang kita kerjakan, apapun yang kita miliki, Batin kita tetap tenang. ga harus yang di penjara, dan miskin itu tidak bahagia, ga harus yang kaya raya, dan yg jenius itu bahagia. It depends on u. Maukah saya bahagia?

    Suka

  4. bahagia adalah suasana hati yang gembira, damai, dan penuh syukur sesuai dengan suasana perilaku nyata sehari-hari. Jika gembira dlm tindakan, gerbira pula dlm hati.

    dengan catatan, tidak berarti tidak mau mendapat cobaan. Harus siap dengan setiap apa yang akan terjadi dlm hidup dan jalanilah sesuai standar bahagia diatas.

    tanamkan dlm diri kita bahwa kebahagiaan adalah segalanya.

    gunakan kebahagiaannya (nya; bisa orang, bisa Tuhan) sebagai dasar kebahagiaan itu.

    thx..(d tggu komentarnya)

    Suka

  5. Bahagia pada saya adalah merupakan menfestasi yang ada pada hati.Ia tak terikat dengan material,rupaparas atau keadaan fizika seseorang,harta,pangkat atau darjat.Ada orang miskin ,tapi hatinya tenang bahagia.Ada nelayan atau petani kais pagi makan pagi hdupnya,tapi hatinya tenang bahagia kerana mereka bebas dan tidak perlu hidup mengampu atau selalu meminta-minta.Hati yang di resapi rasa bahagia paling banyak wujud dalam diri orang yang ikhlas dan bebas ketika mengadap tuhannya ,Maha suci Allah !

    Suka

  6. bahagia itu ketika persiapan bertemu kesempatan dan berhasil, masalah bertemu jalan keluar dan beruntung, dan sulit kehidupan bertemu dengan keringanan dan dimudahkan Allah

    Suka

  7. Bahagia pada aku seseorang yang berasa bahagia dengan apa yang telah dimiliki malah dikongsi kebahagiaan itu bersama orang yang tersayang. Bahagia tidak semestinya kaya tetapi meliputi kesihatan yang baik dan hidup yang aman. Hidup dengan bersederhana, bersyukur dan saling menghargai antara satu sama yang lain.

    Suka

  8. Bahagia = damai
    Kedamaian ada di setiap langkah dan setiap saat,trgantung cara kita menggapainya.
    Dipagi hari aq bahagia bila bisa bgun dlm keadaan tanpa sakit,di siang hari aq bahagia bila msh diberi ksempatan tuk bertemu dgn teman dan makluk2 lain yg juga menginginkan kedamaian,di saat malam tiba aq bahagia bila berkumpul dgn keluiarga di ruang tv sambil mnyaksikan acara mr.been,tom jerry,shincan.
    Bahagia=berkumpul dgn org yg kita cintai,membantu org yg menderita,menjadi pemecah mslh tuk org2 sekitar kita,berjuang demi nama bangsa dan negara

    Suka

  9. BAhagia adalah
    a. saat aku muda; kaya raya, damai, nyaman,baik hati dan tidak sombong.
    b. saat aku tua; masih kaya raya, tenang dan damai
    c. saat aku mati; masuk surga!!!

    Suka

  10. bahagia bukan dari keadaan jasmani ajh,,melainkan dari keadaan rohani qta juga..
    bahagia adalah bagaimana kita menilai kehidupan yang qta jalani,,bagaimana qta bersyukur and bagaimana qta menerimanya ,,
    qta akan selalu bahagia kalau qta benar2 bersyukur ,,
    qta akan selalu bahagia kalau qta menilai kehidupan dengan tulus ,,dari semua sisi kehidupan ..
    walau pun qta sengsara tapi kalau qta menilai itu sebagai suatu kebahagiaan maka qta akan bahagia ,,
    walau pun qta serba kekurangan tapi kalau qta menjalani itu dengan ikhlas maka qta akan bahagia ,,
    kebanyakan orang termasuk saya kadang melupakan semua itu ,,
    BAHWA MASIH ADA YANG LEBIH MENDERITA DARI KITA,,,,
    jangan menilai kebahagiaan dari orang2 yang lebih beruntung dari qta,,
    taoi nilai kebahagiaan itu dari orang2 yang kurang beruntung dibanding qta ,,
    maka qta akan selalu merasakan KEBAHAGIAAN

    Suka

  11. Terima kasih gan!!!Kalau menurut saya bahagia itu adalah?hasil kerja keras menikmati sesuatu tampa pamrih dengan orang” yang kita cintai,dan bisa berbagi dalam berbagai hal,di wanai dengan kedamaian hati jiwa dan pikiran dan selalu bersyukur yang di berikan tuhan ke pada kita!!mencakup kesehatan lahir maupun batin!!karna yang namanya bahagia di dunia sipatnya sementara.

    Suka

  12. ntah lah, saya sendiri masih bingung sama hakikat sebenarnya dari bahagia, sering kali saya merasa bingung dengan semua perasaan yang saya rasa

    Suka

  13. bahagia = iklas
    iklas menjalani hidup
    kebahagiaan di mana kita berada dan dapat menerima apa adanya
    masihkah ada orang yg dapat menerima massa kesulitan/musibah sebagai suatu kebahagiaan…

    Suka

  14. bahagia adalah hati yg bersih dan ikhlas
    bila hati bersih dari sifat yg merugikan diri sendiri dan org lain dan ikhlas dalam perbuatan yg baik maka bahagia akan menjadi milik kita
    jadi tak usah repot mengharapkan yg tidak2 utk mencari bahagia, karena semuanya terdapat dalam dirimu bila kau mau

    Suka

  15. ukuran bahagia untuk saya sangat sederhana,….. nyaman dalam hati, nyaman dengan lingkungan, nyaman dengan sesama, dan yang terpenting nyaman dengan Tuhan.

    Suka

  16. trnyta sdh 5 th anda membahas masalah bahagia.. jujur bermanfaat bgt bg ak.. ketika msh sndri aku ga prnh merasa dn brtny2 apa itu bahagia..
    kini stlh menikah aku sll bertnya2 bahagia itu apa? mau sharing k tmn malu.. k ortu pa lg.. krn menikah itu keputusanku.. akhrny ak menemukan blog ini
    bagi ak bahagia adalah ketika suami mengerti hak dan kewajiban istri..

    Suka

  17. smkn bnyk devinisi semkn kabur apa itu bahagia.. tdk ad yg benar mutlak tak ad yg slh mutlak.. serba relatif. bahkan yg ktny merasakan bahagia itu blm tentu bhgia yg benar. jd no coment

    Suka

    1. @detha: masing-masing individu memiliki definisi kebahagiaannya masing-masing. bahagia menurut A tidak selalu bahagia menurut B. justru dengan berbagi, bisa saling menginspirasi.

      berbahagia juga tak selalu datang tiap saat. oleh karena itu harus selalu dibangun atau dicari bagaimana memperolehnya.

      mari berbagi definisi bahagia menurut kita masing-masing.

      terima kasih sudah memberi komentar di sini.

      Suka

      1. berbahagia juga mampu berfikir jernih dan bijaksana dengan memahami , setidaknya menghargai pendapat orang lain :) .
        terima kasih infonya

        Suka

  18. bahagia itu ?
    saya setuju dg kalimat ketentraman . jika kita suda merasa tentram dan dapat menenangkan diri kita sendiri , kebahagiaan itu akan muncul . setidaknya. dapat bernafas panjang da dlaam dengan tersenyum tanpa beban :)

    Suka

  19. almdh sy mendapatkan banyak depinisi bahagia mdh mdh kita semuanya di berikan kebahagiaan, mungkin klu menurut saya bahagia itu td bisa didapatkan dengan situasi dan ke adaan tetapi bahagia bisa di dapat di mana saja sbg contoh: orang beranggapan bahwa bahagia itu punya rumah bagus istri cantik kendaraan mewah amak lucu jabatan mertua baik dan sebagainya berarti kalu gitu ketika anak kita di ambil kebahagiaan kita hilang dong he he….., menurut saya kebahagiaan itu adanya di dalam hati

    Suka

  20. Menurut saya, kebahagiaan itu seperti aliran air pada sungai, memiliki hulu dan berhenti di muara. Berikut ini pendapat saya selengkapnya mengenai DEFINISI KEBAHAGIAAN: arieardhana.wordpress.com/2013/12/15/kebahagiaan/

    Salam…

    Suka

  21. Sudah ada begitu banyak definisi bahagia yang disumbangkan oleh banyak orang. Terima kasih. Sekiranya sudah menjawab pertanyaan banyak orang.

    Perjalanan menemukan dan menciptakan kebahagiaan menjadi jauh lebih mudah bila sudah ditemukan definisinya.

    Boleh jadi definisi kebahagiaan tak perlu lagi repot-repot dicari. Kebahagiaan itu yang penting adalah dirasakan dan dinikmati. Dengan tak lupa mengucap syukur pada Sang Khalik yang telah menciptakan dunia ini dengan penuh keagungan dan kasih yang berlimpah untuk insan-insan ciptaan-Nya.

    Suka

  22. bahagia itu, dimana saya bisa bertemu dengan seseorang yang belum peenah saya temui sebelumnya, bisa berbagi keluh-kesah kpd nya, dan bisa memberikan kasih sayang seorang bapak kpd anaknya yang belum pernah saya rasakan sebelumnya.

    Suka

  23. menurutku kebahagiaan itu tidak ada karena setiap bentuk kebaagiaan terlahir hanya sesaat tidak selamanya. mungkin menurut teman” itu senang bukan bahagia karnah kebahagiaan adalah hal yg mutlak tak berselisi dengan keadaan ataupun waktu.

    contoh
    serentak aku jatuh ke danau dan saat itu pulah aku akan tenggelam di fikiranku saat itu ajal telah tiba dan rasanya tak ada lagi yang bisa ku fikirkan hanya kematian namun kemudian ada seseorang yg mau menolong ku dan akupun tertolong.
    jika kita tinjau dari situasinya maka tak akan melahirkan kebahagiaan hanya berupa kata senang karna selamat dari ancaman sungai yg akan menelan diriku

    Suka

    1. @fauji, terima kasih sudah menambah satu lagi definisi kebahagiaan. meskipun sesaat saja, toh kebahagiaan itu telah terasa ada. bagaimana kalau kebahagiaan itu sejenis kesenangan tetapi hadir dalam tempo yang lebih lama dan berasa di level yang berada satu tingkat di atas kesenangan?

      Suka

  24. menurut saya bahagia adalah ketika kita bisa membuat org2 yg kita sayang merasakan kebahagiaan, terutama ortu. bahagia itu perlu perjuangan dan pengorbanan.

    Disukai oleh 1 orang

    1. Membahagiakan seorang ibu tentu sangat penting. Namun tak lupa juga untuk membahagiakan seorang bapak. Mereka berdua turut andil dalam menghadirkan insan manusia ke dunia.

      Suka

  25. @yusanti, terima kasih sudah memberi satu tambahan definisi bahagia. setiap orang pastilah berguna untuk orang di sekitarnya. sayangnya banyak yang kurang menyadari sehingga kurang bahagia. setuju dengan definisinya.

    Suka

  26. Sejak Maret 2011 hingga Juli 2015 ini, sudah ada begitu banyak orang yang sudi mampir dan menuliskan definisi kebahagiaannya masing-masing. Sudah 4 tahun sejak postingan mengenai kebahagiaan ini sudah ditulis. Banyak warna kebahagiaan dari perspektif yang berbeda-beda. Terima kasih banyak untuk semuanya.

    Ada beberapa yang dengan jujur mengatakan belum menemukan kebahagiaan. Tak mengapa. Tak perlu khawatir. Justru karena itulah kita berbagi definisi kebahagiaan sehingga mungkin bisa membantu orang lain untuk mendapatkan kebahagiaannya.

    Kolom ini tetap menerima komentar. Makin banyak yang memberikan definisi kebahagiaan, makin terpapar apa sih kebahagiaan itu. Dengan begitu lebih mudah diwujudkan atau didapatkan. Semoga.

    Suka

  27. bahagia dalam artian saya adalah;”bathin mapun pikiran merasa tentram, terbebas dari penjara-penjara kehidupan, sehingga selalu terpancar senyuman disetiap kehidupan”.

    Disukai oleh 1 orang

  28. menurut saya,bahagia yg sesungguhnya datangnya dari yg menciptakan kita.bahagia itu kalau kita hidup sesuai amanah dari yg menciptakan kita itu sendiri.(kita hidup didalam Dia dan Dia ada dlm hidup kita)

    Suka

  29. Menurut sebagian banyak orang Bahagia adalah sejajarnya keinginan dan realita, yang terpenting adalah bagaimana seseorang dapat merasakan kebahagiaan yg berkepanjangan, yang dapat kita rasakan setiap hari, setiap jam bahkan setiap detik? tentu itu sangat tidak mungkin karena dalam kehidupan pasti ada kesengsaraan dan kesenangan. akan tetapi bagaimana jika kesenangan dapat kita rasakan setiap saat, apakah kita merasakan kebahagiaan yg setiap saat juga? bukankan sesuatu yg statis dapat terasa membosankan?

    Jadi menurut saya kebahagiaan adalah kesengsaraan dan kesenangan

    Suka

  30. BAHAGIA itu terpenuhinya kebutuhan hati. Hati anda butuh apa?cuma anda yang tau

    Namun inginnya hati tak sesuai kenyataan untuk itulah agama,nasehat,pepatah,dll datang menguatkan hati seseorang(bersabar,bersukur,cukup) agar dunia tetap berputar

    Suka

  31. Berawal dari menulis kalimat “bahagia itu apa” di mesin pencarian, saya menemukan situs ini, membaca ratusan definisk bahagia menurut pendapat org yg berbeda2, saya ingin bahagia, tp sampai sekarang saya masih belum tau apa yg ingin saya lakukan. Saya punya impian, tapi saya selalu lari dari usaha untuk meraih impian itu, saya kebanyakan bermalas2an, tidur, makan, ngenet, sampai saya sendiri bosan dgn hidup saya. Bagaimanapun, saya ingin bahagia. Tapi bagaimana caranya?????

    Suka

    1. Makin malas2an, makin malas hidup. Mengaca dari orang yang bahagia, kebanyakan dari mereka melakukan banyak hal dalam hidup mereka. Rajin bekerja, selalu beraktivitas (entah rekreasi, olahraga atau bersilaturahmi dengan orang lain).

      Semoga Anda dan kita semua mencapai kebahagiaan.

      Suka

  32. saya setuju atas definisi yang dipaparkan diatas, karena setelah membaca inspirasi tentang bahagia menjadi muncul untuk mengerjakan tugas saya
    dan sekarang menurut saya bahagia adalah sebuah ungkapan perasaan yang seharusnya dijadikan sebuah pertanyaan dalam kehidupan, kenapa dijadikan pertanyaan? karena semua yang terjadi didalam kehidupan nyata kata “bahagia” tidak selalu ditemukan dari orang yang berbeda-beda.

    Suka

  33. Banyak org berkata, “bahagia akan hadir jika kita bersyukur”.tapi apa yang di syukuri jika tak bahagia?
    Lbih baik bersyukur apa adanya..bukan ada apanya..
    Jd skrg jangan sok untuk bhagia..tunjuk kan klo lho gx bhagia..dan tunjukkan kbahagiaan lo kpd org yg memang ingin lo bhagia .gue ingn tnya sma lho..prnah gx lo mendpat sesuatu yg berharga tp lho gx bhagia.?klo lho gx bhgia brrti ad yg hilang dlam hdup lho..dalam dri lho..

    Suka

    1. Bersyukur tak hanya ketika dapatkan kebahagiaan. Bahwa kita sudah diberi kesempatan untuk hidup hari ini saja sudah pantas untuk disyukuri; terlepas dari sedang bahagia atau tidak.

      Menurut kata bijak orang-orang dulu, makin banyak bersyukur makin mudah pula seseorang merasakan rasa bahagia.

      Bersyukur bikin bahagia. Saat bahagia, bersyukurlah.

      Suka

    2. Jika lho pingin bisa bersyukur, hrs ada backupnya. yaitu bersabar. cara kerjanya kayak mobil SUV 4×4. jika di jln mulus, posisi 4×2(bersyukur) di jln tanjakan yg licin, posisi 4×4(bersabar)…

      Disukai oleh 1 orang

  34. bahagia adalah ketika kita bisa saling membantu, bekerja sama, bergotong royong terhadap sesama. Interaksi dengan sesama tanpa harus ada konflik dalam atau luar. Hidup tentram dan damai. Kita bebas mengekspresikan perasaan kita, dan
    bahagia ketika kita bisa selalu memegang iman kita kepada Tuhan Yang Maha Esa dan selalu bersyukur atas nikmat yang Ia berikan, baik nikmat sekecil apapun itu. Itu akan lebih membuat hati tenang dan bahagia.

    Suka

  35. Jika kita mau bersyukur, apapun kondisinya insyaAllah “BAHAGIA” ,dan alhamdulillah bahagia itu hanya ada didalam hati, andai ada penjual bahagia pastinya sdh habislah diborong oleh orang-orang kaya, makanya bersyukurlah bahagia itu ada hanya didalam hati orang yang pandai bersyukur.

    Disukai oleh 1 orang

  36. bahagia itu dimana kita mampu mengiklaskan suatu hal yang sangat berharga tanpa harus mengeluh. apabila kita mampu iklas dalam banyak hal maka itu lah kebahagiyaan menurut saya.

    Suka

    1. Ikhlas. Sepertinya ikhlas bukan hal mudah, Bung Jevry. Namun bila ikhlas bisa membuat orang bahagia… rasa ikhlas harus ditumbuhkan setiap hari. Terima kasih sudah mampir dan menorehkan kata-kata.

      Suka

  37. Bahagia menurut sy adl:
    1. Tdk menunda utk bahagia apapun kondisi yg kita alami
    2. Kita berkata: Daripada lebih buruk…ini masih lebih baik
    3. Bersyukur apa pun keadaannya
    4. Mengerjakan yg kita sukai serta bermanfaat bagi org lain
    5. Aku tidak merasa bekerja tapi merasa bermain saja di hobby sy yg justru dibayar

    Suka

  38. bahagia? tidak perlu dicari. yg penting adalah doa dan percaya pada Allah. kalau usaha pasti dapat yg manis. hidup itu tidak perlu takut tidak bahagia, takdir kita masing masing sudah ditulis dan ditentukan oleh Allah.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s