Ide Kompetisi Menulis untuk Murid Sekolah

Berulangkali timbul keinginan di benak saya untuk mengadakan sebuah kompetisi menulis bagi murid-murid sekolah. Terutama tingkat Sekolah Menengah Umum. Ya, sebuah cita-cita yang belum terwujud. Soalnya dulu saya juga memiliki minat untuk mengikuti berbagai kompetisi menulis. Meski tak pernah menang.

Hadiahnya tak perlu banyak (baca: siapa mau jadi sponsor?). Paling penting, para murid memiliki saluran untuk berkarya. Bangga bila menang dan minimal pernah berusaha menulis dan mengirimkannya. Kompetisi bisa menggunakan beberapa tema yang relevan sekarang ini. Juga dekat dengan dunia mereka.

Lalu terpikir, semua karya bisa dipublikasikan di suatu blog tersendiri. Semua bisa lihat dan para murid tersebut bangga bahwasannya karyanya diapresiasi secara publik. Kesimpulannya, kompetisi semacam ini bisa merangsang kreativitas dan mengembangkan budaya menulis.

Hanya saja bagaimana menyebarluaskan kompetisi tersebut, cara penilaiannya dan juga penjuriannya. Begitu juga cara menguji otentifikasi karya.

Bila ada yang tertarik untuk mendiskusikan ide tersebut, tak perlu ragu membaginya di bagian komentar. Saran dan idenya bisa jadi membuahkan sesuatu yang berguna. Menjadi sebuah penyelenggaraan kompetisi menulis untuk murid sekolah se-Indonesia. Semoga!

protego blogo munggur

4 respons untuk ‘Ide Kompetisi Menulis untuk Murid Sekolah

  1. ide bagus mas, gimana kalo kerjasama sama penerbit ato toko buku gitu buat jadi sponsornya. hadiah gak perlu dalam bentuk uang tapi buku aja. masalah penilaian mungkin bisa kerjasama sama jurnalis.. :grin:

    Suka

  2. benar juga, bung Macanang. kerjasama dengan penerbit atau toko buku merupakan ide cemerlang. kenapa tidak berpikir sampai ke sana ya?

    wah, bung Macanang betul-betul encer idenya. makasih ya.

    Suka

  3. hmmmm….. lanjutan edisi kemaren :)
    aku sepakat nih sama idenya lagi…. kayaknya aku mau nih untuk melakukan sosialisasi disini, itung2 ga hanya satu daerah aja to mas.. jadi mereka ga hanya merasa bersaing dengan teman sekotanya aja tapi dari daerah lain juga hehehhe nasional iks.. hmm tapi yang dipikirkan tulisan bagimana yang akan dilombakan… apakah tulisan bebas, ilmiah, atau gimana gitu lho mas..
    *nunggu realisasi*
    o iya..hmm kalo untuk sponsor hadiah bisa tuh dari toko buku mas… dan setiap tulisan diminta kirim ke email aja nanti ditampilkan lansung di blog…

    Suka

  4. makasih tambahan ide dari almascatie.
    memang itulah yang baru dipikirkan: topik dan etc.nya.

    memang peserta harus mengirim via email agar mengenal dunia internet.
    tentu semua akan ditampilkan di blog. dengan begitu, para murid2 tersebut pasti bangga dengan dirinya.

    Suka

Tinggalkan komentar