Aplikasi untuk Mac OS X Yosemite

Saya sudah menggunakan laptop Apple sejak tahun 2007. Awet, mudah digunakan dan praktis. Itu alasan saya memilih laptop Apple. Mulai dari jaman ketika sistem operasinya masih bernama Tiger hingga sekarang ketika sudah menikmati Yosemite, rilis Mac OS X yang terbaru.

Makin modern Mac OS X-nya, makin mudah dan nyaman dipakai. Membuat proses komputasi jauh lebih baik sehingga saya bisa mengerjakan dan menyelesaikan banyak kerjaan dan urusan dengan lebih efisien. Tidak rewel sistem operasinya.

Namun sistem operasinya sendiri tak akan mampu berbuat apa-apa tanpa aplikasi yang berkualitas dan memadai.

Oleh karena saat ini saya menggunakan MacBook Air dengan SSD 128 GB, saya pun ‘dipaksa’ untuk selektif memilah, memilih dan mengunduh aplikasi. Banyak aplikasi yang menarik dan gratis di Mac App Store tetapi buat apa banyak-banyak. Terlalu banyak aplikasi bisa memberatkan kinerja laptop. Saya hanya menginstal aplikasi yang betul-betul berguna. Tak lebih dari 30 aplikasi. Tak ada aplikasi permainan sama-sekali.

Saya membuat daftar aplikasi-aplikasi yang saya instal di laptop saya di bawah ini. Bila ada dari Anda yang memakai komputer Apple, mungkin daftar ini bisa memberikan ide aplikasi apa saja yang mungkin sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda. Saya membagi kategorinya berdasarkan fungsinya.

Saya yakin daftar di bawah ini akan berubah di masa depan karena perkembangan aplikasi yang pesat. Sebagai tambahan saya juga memiliki hobi untuk mencicip aplikasi. Ada aplikasi yang sesaat dipasang dan kemudian dihapus bila kemudian dianggap tak berguna atau kurang menarik. Ada pula aplikasi yang akhirnya saya pakai seterusnya karena memang bermanfaat dan mantab.

Sejauh ini, menurut selera saya, ada 5 aplikasi favorit yang pantas mendapat acungan dua jempol. Letterspace, Desk.pm, Safari, PhotoScape X dan Sparrow Lite. Boleh dibilang setiap hari pula saya menggunakan kelima aplikasi tersebut.

Komunikasi
* Sparrow Lite – aplikasi email yang dimiliki Google
* Mailbox – aplikasi email dari Dropbox
* Telegram Desktop – berbagi pesan dengan mudah
* Twitter – jejaring sosial

Tulis-menulis
* Letterspace – aplikasi notes gratis dengan MarkDown
* Desk.pm – aplikasi blogging berbayar yang mantab
* Notes – aplikasi notes dari Apple dengan iCloud
* Pages – pengolah kata berbayar dari Apple
* Bits – aplikasi perekam jurnal
* Atom – editor kode untuk html dan pemrograman

Internet
* Safari – perambah internet dari Apple
* Firefox – perambah internet dari Mozilla

Gambar
* PhotoScape X – pengolah gambar gratis
* Photos – manajemen foto
* Cloudup – penyimpanan foto online

Penyimpan dan Manajemen Berkas
* Dropbox – penyimpanan berkas gratis
* Google Drive – penyimpanan awan dari Google
* MEGAsync – penyimpanan berkapasitas besar
* iTunes – manajemen berkas, iPhone dan iPad

Aplikasi Mini
* Calendar – kalendar dari Apple
* Todoist – aplikasi pengingat
* Dictionary – kamus
* TunnelBear – VPN
* AppCleaner – penghapus aplikasi
* WiFi Signal – pengecek sinyal WiFi
* Disk Diag – pembersih komputer

Sebagai catatan, tak ada niatan saya untuk mempromosikan aplikasi-aplikasi di atas. Saya cuma suka menggunakannya dan oleh karena itu membagikan aplikasi yang memang mantab dan bermanfaat kepada pengguna komputer Apple lainnya.

Catatan lainnya. Saya dulu suka sekali memakai Chrome, Evernote, Fotor dan Picassa. Namun tak lagi saya pakai karena terasa ‘berat’. Firefox, Letterspace, PhotoScape X dan Photos menggantikan fungsi masing-masing aplikasi tersebut. Sekali lagi masing-masing punya selera yang berbeda.

Tinggalkan komentar