Pertamax, artinya apa ya?

Tertanggal 13 Mei 2007, blog Munggur mendapat komentar ‘pertamax’ (yang pertama kalinya) dari blog Catatan Harian di Kampus Biru, setelah beberapa bulan menulis blog hingga hit menunjukkan lebih dari 15.000. Dulu, saya selalu heran apa artinya ‘pertamax’. Benar-benar belum mengerti. Dan itu cukup sering kala saya blogwalking (menjelajahi dunia blog dan/atau berkomentar). Aneh, itu pikiran saya.

Alasannya, mengapa tidak memberikan opini, ketidaksetujuan, saran membangun atau minimal tanggapan. Hanya bilang ‘pertamax’. Tidak ada logika di balik satu kata tersebut.

Baru saja beberapa hari yang lalu saya ngeh bahwa arti ‘pertamax’ adalah ‘saya orang pertama yang berkomentar di sini’. Itu saya sadari setelah ada komentar berikutnya yang bernada sama, ‘keduax’, ‘ketigax’ dan seterusnya. Biasanya hanya sampai empat saja.

Apakah itu bertanda suatu blog sudah mulai dikenal baik oleh warga dunia blog sehingga beberapa orang merasa perlu memberikan tanda ‘pertamax’. Tentu sebelum kedahuluan orang lain. Ataukah ini hanya perilaku memberikan jejak (semacam tautan balik) dengan begitu blog orang tersebut naik peringkat di hasil pencarian mesin pencari? Bahkan, saya sempat berpikir beberapa orang tidak punya kemampuan berinteraksi yang lebih baik.

Bagi saya, tentu ‘pertamax’ atau ‘hi’ tak mengapa. Ini hanyalah salah satu cara berpartisipasi yang kurang intelek. Hanya kurang fungsional, saya rasa…

34 respons untuk ‘Pertamax, artinya apa ya?

  1. ooooh, jadi gini mas …. kata pertamax itu maksudnya:
    1. Kita care ama yang punya blog
    2. Kita selalu online (benernya nggak sih, cuman kadang koq pas online, pas ada postingan baru yg blm ada komennya)
    3. Kita lagi jam kerja, belum ada waktu khusus baca artikel/postingannya
    4. Kita males baca postingannya
    5. Kita cuman numpang absen

    Keduax!!!

    Suka

  2. wakakakak pertamax…. sy cuman beberapa kali make.. kalo lagi pengen iseng.. hehehe…

    *lah…. luthfi kamu koq di depan kompi terus???*

    Suka

  3. kalau bukan yang pertama, tentu bukan ‘pertamax’ lagi… bahasan tentang pertamax sudah lama sekali. beruntung masih ada yang mampir.

    makasih untuk semuanya.

    Suka

  4. bukan dari oven, dari tempurung kepala sendiri kok :p
    duh jangan sampe deh, tapi kaykna mulai kena gejalanya nih : “lupa tidur”
    *apakah betul termasuk gejala awal kecanduan ngeblog kah?*

    Suka

  5. bener, kan? jadi lupa tidur. soalnya memang mengasyikkan.
    betul. itu simptom pertamanya. menyergap pelan-pelan hingga …
    tiada hari tanpa ngeblog. wuih.

    dikontrol waktunya.

    Suka

  6. spamspamspamspamspamspamspamspamspamspamspamspamspamspamspamspamspamspamspamspamspamspamspamspamspamspamspamspamspamspamspamspamspamspamspamspamspamspamspam
    spamspamspam

    spamspamspamspamspam

    spamspamspamspam

    Suka

Tinggalkan komentar